Minggu, 17 November 2019

Mobil Second: Cara Merawat Mobil BMW yang Benar Agar Tetap Prima

BMW merupakan salah satu mobil yang berkelas, sporty dan juga mewah yang telah diproduksi pada tahun 1975. Saat ini terdapat seri 3 yang memiliki keunggulan pada teknologinya dan bagian mesinnya dengan menggunakan efficient dynamic dan saat ini terus perkembangan dengan jajaran jenis mobil seperti coupe, sedan, station wagon hingga M sport. BMW memiliki dengan E36 merupakan revolusioner dari seri 3 BMW yang memiliki desain seperti Kidney Gille BMW yang lebih dinamis. Model dari BMW dengan model hatchback dan compact untuk membuatnya lebih menarik. Mobil second BMW juga tersedia yang memberikan mesin diesel.

Mobil Second: Cara Merawat Mobil BMW yang Benar Agar Tetap Prima

BMW 320i E90 memiliki kelebihan seperti fitur DSC yang mampu menghindari mobil dari gejala oversteer dan understeer ketika berada di tikungan tajam. Mobil ini menggunakan mesin N46B20 dan memiliki kondisi setir otomatis yang digunakan untuk kecepatan tinggi dan memiliki performa handling yang cukup baik. BMW 323i E36 yang memiliki tenaga hingga 170 Hp dengan putaran 5500 rpm dengan The Ultimate Driving Machine sehingga akan membantu panel dashboard yang mengarah pada bagian kemudi dan tidak mengalami gangguan saat melakukan kontrol terhadap panel-panel. BMW 318i E46 yang memiliki kapasitas mesin 2 liter dengan katup DOHC, memiliki AC Digital, menggunakan ukuran seimbang dan sistem transmisi yang halus.

Berikut adalah komponen yang harus diganti setelah melakukan pembelian mobil bekas:

  • Oli seperti oli gardan, oli power steering, oli rem, oli transmos, oli mesin wajib diganti karena saat membeli oli tersebut belum diketahui waktu terakhirnya untuk diganti dan perlu diperiksa dengan cara melihat kekentalannya, warna dan kotoran yang terdapat pada mesin.
  • Aki merupakan hal yang penting dengan cara melihat kondisinya dan jika tidak baik akan memberikan suara yang mengganggu dan tidak dapat melakukan starter, sebaiknya mengurus aki di bengkel terpercaya.
  • Filter udara penting untuk bagian mesin dalam sehingga terbebas dari debu dan filter yang baik akan memberikan aliran bebas dalam mesin sehingga akan tetap terjaga dan laju kendaraan lebih baik, sebaiknya lebih baik melakukan penggantian dengan memperhatikan jadwalnya dalam buku manual.

Selain itu lakukan spooring maupun wheel olignement sehingga akan memberikan reparasi untuk mobil digunakan lebih nyaman. Setelah itu, perlu juga melakukan pemolesan pada bodi mobil untuk membuat mobil lebih rapi sehingga perlu melakukan detailing interior dan mengembalikan cat yang berkilau dan terlihat lebih baru. Untuk menjaga interior mobil lebih bersih maka tidak ada salahnya untuk menambah karpet dan sarung jok sehingga akan memberikan kualitas yang lebih baik.

Berikut adalah cara merawat BMW:

  • Usahakan menjaga ECU yang terdapat pada mobil hal ini akan membantu kemampuan dalam komputerisasi pada mobil dan mengatur pencampuran bahan bakar dengan udara dan jika terdapat genangan air maka hindari.
  • Selalu menggunakan BBM dengan oktan tinggi sehingga akan membuat mesin lebih awet dan hindari untuk mengonsumsi oktan rendah, dapat menggunakan BBM dengan oktan 98.
Untuk merawat mobil second BMW maka matikan mesin dengan cara tepat. Saat melakukan berhenti maka jangan langsung matikan mesinnya, berikan jeda beberapa waktu dan matikan mesinnya. Selain itu maka lakukan penggantian oli dengan rutin, sebaiknya jika oli sebelum kering maka gantinya dan ganti oli dengan membuka baut pada penampung oli dengan menggunakan kunci 17 dan pastikan tetap menggunakan oli yang sesuai. Cara merawat ini akan tetap membuat mobil lebih awet dalam penggunaannya.