Jumat, 15 November 2019

Daftar Rumah Sakit di Surabaya: Daftar Makanan yang Meringankan Sakit Perut

Sakit perut merupakan nyeri yang terjadi pada perut antara bagian tulang iga dan panggul. Biasanya rasa sakit perut terjadi sebagai bentuk organ lambung, ginjal, usus, pankreas, empedu, hati mengalami gangguan. Gejala yang ditimbulkan berbeda-beda dan biasanya muncul perlahan maupun secara tiba-tiba, memiliki rasa hilang yang dapat timbul maupun menetap, dapat berlangsung lama maupun lama. Jika rasa sakit perut dirasa semakin parah dan diikuti dengan demam, sembelit, dehidrasi, buang air besar yang diikuti darah, sesak napas, nafsu makan menjadi berkurang, sedang hamil, perut membengkak, nyeri bagian dada, muntah darah, berat badan menjadi turun maka segera konsultasi dengan dokter terutama saat ini daftar rumah sakit di Surabaya sudah banyak.

Daftar Rumah Sakit di Surabaya: Daftar Makanan yang Meringankan Sakit Perut

Berikut adalah beberapa makanan yang perlu dihindari saat sedang sakit perut:

  • Bawang putih memiliki kandungan baik untuk jantung tetap memiliki fruktans yang menyebabkan masalah pencernaan menjadi terasa nyeri dan membuat perut tidak nyaman.
  • Gula halus dapat meningkatkan fluktuasi gula dalam darah tubuh manusia, walaupun tidak memiliki pengaruh yang langsung tetapi dapat menyebabkan tubuh menjadi gemetar dan berkeringat.
  • Susu memiliki laktosa yang termasuk gula susah dicerna dalam tubuh sehingga menyebabkan seseorang yang sedang sakit perut mengalami diare.
  • Kafein akan merangsang motilitas sehingga isi perut menjadi bergerak cepat melalui sistem pencernaan dan begitu juga dengan soda yang memiliki bahan kimia terlalu keras pada perut akan semakin memperburuk kondisi tubuh.

Selain itu, perlu juga menghindari makanan pedas terutama jika mengalami muntah dan mual. Makanan asam menyebabkan masalah pencernaan karena memiliki kandungan fruktosa dan tanin sehingga memicu terjadinya mual dan diare saat sedang mengalami sakit perut. Begitu juga dengan makanan berlemak akan membuat kontraksi pada perut dan memperlambat terjadinya pengosongan perut sehingga memperburuk sembelit.

Berikut adalah makanan yang baik untuk penderita sakit perut diantaranya:

  • Jus wortel dapat menyembuhkan sakit perut dengan menambahkan sedikit tangkai daun mint akan menenangkan perut.
  • Makanan bertepung akan memiliki perut sedikit merasa lebih nyaman.
  • Yogut dikonsumsi untuk membuat perut lebih tenang dan meningkatkan kekebalan tubuh.
  • Cuka sari apple dengan menambahkan sedikit air hangat dan satu sendok madu akan membantu kelancaran pencernaan dan mengurangi kram dan gas dalam perut.
  • Oat dengan susu hangat akan memberikan serat yang baik untuk perut.
  • Pepaya akan memberikan kandungan enzim untuk pencernaan secara alami sehingga membantu lambung yang sedang teriritasi untuk lebih tenang.
  • Teh jahe akan membantu perut tidak merasakan gelisah dan lebih hangat.
  • Pisang akan membantu meringankan diare dan membantu dehidrasi yang menyerang tubuh

Saat sakit perut sebaiknya menempelkan bantal pemanas pada bagian perut yang mengalami rasa sakit, kelola stress dengan melakukan mediasi maupun olahraga dan jangan makan makanan dalam porsi besar. Selain itu perlu membiasakan diri untuk mengunyah makanan hingga lunak dan menghindari makanan yang tidak baik untuk perut. Untuk mencegah terjadinya sakit perut maka dapat dimulai dengan mencuci tangan, berhenti merokok dan banyak minum air putih.

Sakit perut pada bagian kanan atas dapat menjadi penyebab penyakit batu ginjal, kanker hati, hepatitis dan batu empedu. Sakit perut kanan bawah sebagai tanda bahwa penyakit dari usus buntu, radang usus, infeksi saluran kemih dan tersumbatnya usus. Sakit perut kiri atas disebabkan penyakit sembelit, pembesaran limpa dan infeksi ginjal. Jika mengalami penyakit ini maka segera konsultasi karena daftar rumah sakit di Surabaya sudah mudah diperoleh.